Pengertian
PIECES (Sistem Analisis)
Untuk mengidentifikasi
masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi,
pengendalian, efisiensi, dan pelayanan. Panduan ini dikenal dengan analisis
PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).
Analisis dilakukan pada sistem informasi lama yang berupa hard copy seperti
brosur apabila band tersebut akan mengadakan pentas. Dari analisis ini biasanya
didapatkan beberapa masalah dan akhirnya dapat ditemukan masalah utamanya.
Untuk lebih jelasnya agi
mengenai PIECES, di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari masing –
masing komponen PIECES.
1. Analisis Kinerja Sistem ( Performance )
Kinerja adalah suatu
kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga sasaran dapat
segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (throughput) dan waktu
yang digunakan untuk menyesuaikan perpindahan pekerjaan (response time).
2. Analisis Informasi ( Information )
Informasi merupakan hal
penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen (marketing) dan user
dapat melakukan langkah selanjutnya. Apabila kemampuan sistem informasi baik,
maka user akan mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan
sesuai dengan yang diharapkan.
3. Analisis Ekonomi ( Economy )
Pemanfaatan biaya yang
digunakan dari pemanfaatan informasi. Peningkatan terhadap kebutuhan ekonomis
mempengaruhi pengendalian biaya dan peningkatan manfaat. Saat ini banyak
perusahaan dan manajemen mulai menerapkan paperless system (meminimalkan
penggunaan kertas) dalam rangka penghematan. Oleh karena itu dilihat dari
penggunaan bahan kertas yang berlebihan dan biaya iklan di media cetak untuk
media publikasi, sistem ini dinilai kurang ekonomis.
4. Analisis Pengendalian ( Control )
Analisis ini digunakan
untuk membandingkan sistem yang dianalisa berdasarkan pada segi ketepatan
waktu, kemudahan akses, dan ketelitian data yang diproses.
5. Analisis Efisiensi ( Efficiency )
Efisiensi berhubungan
dengan bagaimana sumber tersebut dapat digunakan secara optimal. Operasi pada
suatu perusahaan dikatakan efisien atau tidak biasanya didasarkan pada tugas
dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.
6. Analisis Pelayanan ( Service )
Peningkatan pelayanan
memperlihatkan kategori yang beragam. Proyek yang dipilih merupakan peningkatan
pelayanan yang lebih baik bagi manajemen (marketing), user dan bagian lain yang
merupakan simbol kualitas dari suatu sistem informasi.
Pengertian PIECES
(Sistem Analisis)
Untuk mengidentifikasi
masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi,
pengendalian, efisiensi, dan pelayanan. Panduan ini dikenal dengan analisis
PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).
Analisis dilakukan pada sistem informasi lama yang berupa hard copy seperti
brosur apabila band tersebut akan mengadakan pentas. Dari analisis ini biasanya
didapatkan beberapa masalah dan akhirnya dapat ditemukan masalah utamanya.
Untuk lebih jelasnya agi
mengenai PIECES, di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari masing –
masing komponen PIECES.
1. Analisis Kinerja Sistem ( Performance )
Kinerja adalah suatu
kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga sasaran dapat
segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (throughput) dan waktu
yang digunakan untuk menyesuaikan perpindahan pekerjaan (response time).
2. Analisis Informasi ( Information )
Informasi merupakan hal
penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen (marketing) dan user
dapat melakukan langkah selanjutnya. Apabila kemampuan sistem informasi baik,
maka user akan mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan
sesuai dengan yang diharapkan.
3. Analisis Ekonomi ( Economy )
Pemanfaatan biaya yang
digunakan dari pemanfaatan informasi. Peningkatan terhadap kebutuhan ekonomis
mempengaruhi pengendalian biaya dan peningkatan manfaat. Saat ini banyak
perusahaan dan manajemen mulai menerapkan paperless system (meminimalkan
penggunaan kertas) dalam rangka penghematan. Oleh karena itu dilihat dari
penggunaan bahan kertas yang berlebihan dan biaya iklan di media cetak untuk
media publikasi, sistem ini dinilai kurang ekonomis.
4. Analisis Pengendalian ( Control )
Analisis ini digunakan
untuk membandingkan sistem yang dianalisa berdasarkan pada segi ketepatan
waktu, kemudahan akses, dan ketelitian data yang diproses.
5. Analisis Efisiensi ( Efficiency )
Efisiensi berhubungan
dengan bagaimana sumber tersebut dapat digunakan secara optimal. Operasi pada
suatu perusahaan dikatakan efisien atau tidak biasanya didasarkan pada tugas
dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.
6. Analisis Pelayanan ( Service )
Peningkatan pelayanan
memperlihatkan kategori yang beragam. Proyek yang dipilih merupakan peningkatan
pelayanan yang lebih baik bagi manajemen (marketing), user dan bagian lain yang
merupakan simbol kualitas dari suatu sistem informasi.
0 komentar
Posting Komentar